ROOTKIT: BAHAYA YANG TIDAK TAMPAK

Cara Hacker Mengelabui Antivirus Rootkit ‘bercokol’ sangat jauh di dalam sistem operasi sehingga program-program keamanan umumnya sering tidak dapat mendeteksinya. Trojan canggih ini merupakan rangkaian tool yang dapat mencatat password, memberi akses kepada hacker,
merekam input keyboard, atau menyadap informasi dalam jaringan tanpa terlihat.
Spesialis keamanan F-Secure pernah memperingatkan bahaya rootkit yang masih menyimpan potensi besar untuk menyamarkan virus dan worm. Sekarang pun sudah ada worm yang menggunakan metode rootkit Sony (lihat boks Proteksi dengan Metode Hacker).
Kehadiran rootkit seringkali tidak terdeteksi oleh Antivirus. Berbeda dengan malware biasa yang bekerja pada level pengguna, rootkit mengaitkan dirinya ke dalam Windows API (Application Program Interface). Melalui API, program-program, termasuk Antivirus dan firewall, mengaktifkan fungsi-fungsi dasar sistem operasi, seperti akses ke hard disk atau registry.
Tahap selanjutnya, rootkit menghadang setiap permintaan dan menentukan data mana saja yang boleh dilihat oleh aplikasi keamanan. Apabila sebuah pembasmi virus mencari nama file rootkit, semua entri tersebut disaring dari jawaban yang diberikan sistem operasi. Dengan demikian trojan tidak ditemukan.
Cara menemukan rootkit: Untungnya, sebagian besar rootkit Windows masih belum sempurna dikembangkan. Misalnya trojan 'Slanret' yang dirancang sebagai systemdriver sehingga dapat terlihat pada Windows Safe Mode. Selain itu, Slanret pun sering menyebabkan crash.
Petunjuk-petunjuk lainnya yang dapat digunakan untuk mengetahui kehadiran rootkit antara lain kapasitas hard disk yang berkurang drastis, performa CPU yang turun drastis tanpa alasan jelas, dan koneksi Internet yang tidak dikenal. Para pengguna PC tingkat lanjut biasanya menggunakan tool Rootkit Revealer untuk menemukan API mana saja yang dibelokkan. Ia pun dapat membandingkan file-file pada hard disk dengan backup 'bersih' yang telah dibuat sebelumnya.
Cara menyingkirkan rootkit: Solusi ekstrim yang paling ampuh menyingkirkan rootkit atau tool hacker lainnya adalah mem-format hard disk dan meng-install sistem baru.
Sebagai langkah preventif, Anda pun harus mengganti semua password. Tool khusus untuk melacak dan menghapus rootkit seperti RootkitRevealer (www.sysinternals.com) atau BlackLight (www.fsecure.com) rumit digunakan dan lebih cocok bagi pengguna PC yang mahir. Tool sederhana untuk menyingkirkan berbagai varian rootkit, misalnya rootkit pada proteksi copy CD Audio Sony, sayangnya belum tersedia. Rootkit memiliki satu kesamaan dengan malware
biasa: PC dengan firewall dan Antivirus yang telah dipatch tidak dapat diinfeksi olehnya, dengan syarat pengguna tidak sembarangan membuka lampiran email mencurigakan dan tidak men-download filefile dari pembuat yang tidak dikenal.
Info: www.rootkit.com

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 
© Copyright 2010. yourblogname.com . All rights reserved | yourblogname.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com