PERKAKAS PEMBASMI VIRUS

Jengkel dengan virus-virus yang mengganggu? Coba terapkan perkakas untuk menangkal secara jitu.
Sebagaimana halnya hama yang mengganggu, virus, worm dan kuda Troya haruslah dibasmi dan diberantas secara kontinyu. Apa saja yang diperlukan agar kita bisa membasmi virus secara tuntas?
1. Antivirus
Antivirus merupakan senjata wajib yang harus dimiliki untuk membasmi virus. Ini karena antivirus telah dilengkapi dengan kemampuan untuk mengenali virus. Kemampuan mengenali virus ini berasal dari database yang dimilikinya. Bagaimana sebuah antivirus mampu mendeteksi dan mengenali virus? Setiap virus memiliki signature, dan sidik jari yang bisa dikenali. Signature, dan sidik jari virus-virus tersimpan dalam database antivirus tersebut. Saat melakukan pemeriksaan terhadap sebuah media penyimpanan (seperti disket, atau harddisk), antivirus lalu akan mencocokkan file yang dijumpainya dalam disk tersebut dengan database yang dimilikinya. Ini memungkinkan virus dapat dideteksi lebih cepat.
2. Database yang selalu diperbarui
Sebagaimana telah diuraikan sebelumnya, setiap antivirus memiliki database sebagai kelengkapan standar. Database ini layaknya perpustakaan bagi sang antivirus. Pada saat memeriksa sidik jari dan signature sebuah file, antivirus akan mencocokkan informasi yang didapatnya dengan data virus yang tersimpan dalam databasenya. Jika signature dan sidik jari file yang diperiksa memiliki kesamaan dengan sidik jari dan signature virus tertentu, antivirus lalu akan menggolongkan file tersebut sebagai virus. Agar selalu bisa mengenali virus (utamanya virus baru), database virus harus terus diperbarui secara berkala.
3. Server antivirus
Bagi perusahaan besar, memasang sebuah antivirus edisi korporasi akan lebih menguntungkan daripada menggunakan sistem antivirus personal. Antivirus edisi korporat akan memanfaatkan infrastruktur korporat, seperti LAN atau internet, untuk memudahkan manajemen dan pemeliharaan. Karena database antivirus ini berasal dari server antivirus lokal yang dibagi-pakai, cukup dilakukan pembaruan sekali saja pada komputer server. Database ini kemudian akan disebarkan secara merata pada setiap komputer klien yang terhubung ke jaringan. Cara ini akan lebih cepat dan praktis dibandingkan jika semua komputer dalam LAN terhubung sekaligus ke internet untuk memperbarui database virusnya.
4. Firewall
Meskipun tidak bisa mendeteksi ancaman akibat virus, worm atau kuda Troya secara langsung, firewall bisa mendeteksi upaya penerobosan yang dilakukan oleh worm atau kuda Troya. Firewall khususnya bisa mendeteksi adanya port TCP/IP dalam komputer yang dipakai worm atau kuda Troya saat keduanya beraksi. Dengan menggunakan perangkat-perangkat ini, kelancaran aktivitas Anda niscaya akan selalu terjaga. Bukankah dunia terasa lebih indah jika semua dapat berjalan tanpa bencana?

Virus dan serangan DoS
Bom Zip Berdetik
>> Penyedia layanan keamanan Aeraser memperingatkan adanya bom kompresi Zip yang mampu melumpuhkan
komputer dengan serangan Denial-of-Service. Bom dimaksud adalah mail dengan lampiran file sangat besar
yang dikompresi sangat kecil. Misalnya file yang hanya berisi angka nol dapat dapat ditransfer dengan
mudah, tapi ukurannya yang mencapai beberapa Giga akan memenuhi hard disk dan
menyibukkan PC Anda. Salah satu yang dianggap berbahaya adalah file bzip2
yang tidak memiliki informasi ukuran file, dengan informasi yang dipalsukan
di dalamnya. Info: www.aerasec.de

Dokumen Microsoft sebenarnya memiliki data-data yang tersembunyi (metadata) mengenai penulisnya. Dengan sebuah tool kecil Anda dapat menghapus data-data ini. Perdana Menteri Inggris, Tony Blair, boleh jadi salah satu korban dari meta-data yang tersembunyi. Dokumentasi mengenai perang Irak miliknya dalam bentuk file Word kini tersebar di Internet. Microsoft pun baru sekarang merespon kelemahan ini. Kini, Microsoft menawarkan tool gratis untuk menghapus semua informasi pengguna di dalamnya. Plug-in dari Microsoft ini dapat menghapus sekitar 30 tipe meta-data dari format Office. Tipe yang terpenting antara lain:
3Global Unique ID dari Word 97: Dengan tipe ini, sebuah dokumen hanya memiliki satu
lisensi (berarti satu pemilik).
-Versi teks yang sebelumnya.
-Komentar dalam File Properties.
-Text yang memiliki warna dasar sama dengan background sehingga hanya terlihat bila ditandai.
Masalahnya, tool pembersih ini hanya berjalan pada Windows XP untuk Office XP atau Office 2003. Dari sini, Anda bisa menghapus meta-data pada file-file yang lama. Fungsi plug-in ini juga terbatas jika:
-File-file tersebut diproteksi dengan Microsoft Digital Rights Management.
-Dokumen diproteksi dengan password.
-Teks diberi signature digital.
-File menyatu dalam e-mail atau print job.
-Dokumen digunakan oleh Workgroup dalam jaringan.
Langkah-Langkah Membersihkan File :
1. Download dahulu plug-in "Remove Hidden Data" dari www.microsoft.com/donwload dan
install. Plug-in ini akan terintegrasi dalam aplikasi Office, dalam menu "File | Remove
Hidden Data".
2. Sebelum dibersihkan, simpan dokumen, tabel, atau slide PowerPoint. Apabila hal ini
tidak dilakukan, plug-in tidak mau bekerja.
3. Pada dialog box yang muncul, setiap proses penghapusan dapat dikonfirmasi dahulu. Bila
tidak, plug-in pun tetap meminta konfirmasi untuk data-data yang penting. Berikutnya,
berikan nama untuk file baru yang bersih, sehingga Anda masih menyimpan yang aslinya.
4. Plug-in akan menghapus meta-data seperti Global Unique ID tanpa konfirmasi lagi. Namun,
untuk yang lainnya, seperti Hyperlink, plug-in akan meminta konfirmasi terus.
5. Terakhir, file yang baru akan diberi tanda write-protected agar dokumen, tabel, dan presentasi tidak dapat diisi lagi dengan meta-data.

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 
© Copyright 2010. yourblogname.com . All rights reserved | yourblogname.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com